+6221-22088623
+62 853-1174-0321
info@adindacargo.com

Prosedur Import Barang Dari China

Jasa Ekspedisi Kontainer Indonesia

Cara Import Barang Dari China

Ulasan Prosedur Import Barang Dari China

Seperti yang kita saksikan bersama bahwa akhir akhir ini Indonesia dibanjiri produk produk dari China, mulai dari produk pakaian anak anak hingga dewasa, mainan anak anak, peralatan rumah tangga, barang elektronik murah dan lain sebagainya.

Memang negara China saat ini sangat terkenal dengan produk produknya yang murah, sehingga banyak negara melirik dan memanfaatkan potensi ini untuk membeli barang dari China dengan harga yang murah dan kemudian mereka jual kembali di negara masing masing dengan keuntungan yang lebih besar.

Tidak terkecuali negara Indonesia juga banyak yang membeli produk China tersebut. Karena pangsa pasar produk China di Indonesia sangat besar dan potensial.

Lalu bagaimana prosedur import barang dari China ?

Bagaimana cara menjadi importir barang dari China ?

Ini adalah pertanyaan yang ada dibenak seorang pemula dalam bisnis import barang China.

Dan untuk menjawab pertanyaan ini, maka mulai bermunculan jasa yang mengadakan seminar dan workshop yang memberikan materi pelatihan cara import barang dari China ke Indonesia dan prosedur import barang dari China.

Namun dari sekian banyak seminar dan workshop yang ada, materi intinya adalah memanfaatkan situs situs jual beli online yang berasal dari negara China. Cukup memesan dan membayar barangnya dari situs jual beli dan kemudian barang tersebut dikirim ke alamat kita.

Cara & Prosedur Import Barang Dari China Melalui Situs Jual Beli Online

Berikut beberapa Prosedur import barang dari China dengan memanfaatkan situs jual beli online atau marketplace yang berasal dari negara China.

    1. Membeli barang melalui situs Alibaba.com

    Prosedur import barang dari China yang paling populer adalah membeli barang melalui situs Alibaba. Marketplace ini didirikan oleh Jack Ma sejak tahun 1999 dan sampai sekarang marketplace ini menjadi marketplace yang besar dan berkembang sangat cepat terutama di wilayah Asia.

    Situs jual beli online ini menawarkan banyak produk murah yang bisa dibeli, baik secara ecer maupun grosir. Sehingga bagi kita yang memang ingin berbisnis dengan menjual kembali barang-barang importir China, maka Alibaba adalah solusi yang tepat.

    Cara belanja di Alibaba juga terbilang cukup mudah. Cara pembayaran bisa menggunakan Western Union, Paypal maupun kartu kredit.

    cara import barang dari china ke indonesia Prosedur import barang dari China [www.alibaba.com]

    2. Membeli barang melalui situs Aliexpress.com

    Aliexpress sendiri merupakan anak dari perusahaan Alibaba. Perbedaannya hanya terdapat pada quantity barang serta pedagang yang berjualan.

    Seperti halnya di Alibaba, di Aliexpress pun kita dapat memilih barang dengan cara grosir maupun dengan cara eceran. Tidak hanya itu, di Aliexpress para pedagangnya adalah para individu bukan perusahaan-perusahaan besar. Sehingga kita dapat membeli barang dalam jumlah sedikit sekalipun.

    Cara import barang dari China ke Indonesia Prosedur import barang dari China [www.aliexpress.com ]

    3. Membeli barang melalui situs Taobao.com

    Taobao merupakan situs e-commerce yang akan menjadi solusi tepat bagi siapa saja yang ingin mengetahui cara import barang dari China ke Indonesia.

    Situs ini merupakan salah satu situs terbesar yang ada di China dengan mengusung konsep yang hampir mirip dengan marketplace lain pada umumnya.

    Menariknya, situs ini menjual barang barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan marketplace yang lain.

    Cara import barang dari China ke Indonesia Prosedur import barang dari China [www.taobao.com]

    4. Membeli barang melalui situs 1688.com

    Situs yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba ini mengusung bahasa Mandarin. Namun jangan khawatir karena 1688.com sudah menyediakan fasilitas googletranslate yang bisa menterjemahkan bahasa mandarin kedalam bahasa apa saja yang kita inginkan dan bisa memudahkan siapapun yang ingin belanja di situs ini.

    Untuk masalah harga, situs ini menawarkan harga yang tidak jauh berbeda dengan Alibaba. Namun jika kita bisa lebih jeli lagi, maka kita bisa saja mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

    Cara import barang dari China ke Indonesia Prosedur import barang dari China [www.1688.com ]

    5. Memanfaatkan Jasa Forwader Import

    Ada banyak penyedia jasa forwarder import di Indonesia. Salah satunya adalah Adinda Cargo dengan Jasa Import Borongan sebagai salah satu layanan andalannya.

    Prosedur import barang dari China melalui jasa forwarder import juga harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh jasa forwardernya.

Prosedur Import barang dari China melalui Jasa Forwarder Import

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pembeli barang import harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh jasa forwarder import.

Dalam hal ini jasa forwarder import hanya menangani masalah pengiriman barangnya saja mulai dari penjemputan atau pengambilan barang dari supplier China sampai pengantaran barang ke tangan pembeli di Indonesia. Inilah yang dimaksud dengan Jasa Import Borongan Door to Door.

Sedangkan pihak pembeli mencari suppliernya terlebih dahulu. Pencarian supplier China dapat anda temukan dengan mudah melalui marketplace seperti Alibaba, Aliexpress, 1688, Taobao, dll.

Setelah anda menemukan barang yang anda inginkan, kemudian anda bisa melakukan live chat dengan suppliernya untuk negosiasi harga hingga terjadi kesepakatan transaksi dan dilanjutkan dengan pembayaran harga barang.

Setelah itu anda bisa menghubungi kami sebagai jasa forwarder import anda untuk melakukan penjemputan barang dan mengantarkan barang ke alamat anda.

Cara Kerja Jasa Import Borongan Door to Door

Secara garis besar cara kerja import borongan adalah mengurus dan mengatur barang di China (tidak termasuk packing barang), pengiriman dari China ke Indonesia melalui udara (Air Freight) atau laut (Sea Freight).

Menyelesaikan proses kepabeanan di Indonesia lengkap dengan masalah perizinan dan lisensi importnya, pembayaran pajak Bea Masuk, PPN dan PPh, membayar biaya penumpukan (Storage) hingga menyediakan trucking untuk membawa barang tersebut ke alamat penerima di Indonesia.

Skema dan alur kerjanya digambarkan sebagai berikut :

  • Pihak importir adalah pemilik barang atau pembeli di Indonesia.
  • Pihak forwarder adalah perusahaan jasa import borongan yang akan mengurus pengiriman sampai ke alamat penerima di Indonesia.
  • Pihak importir melakukan transaksi dengan supplier.
  • Pihak importir menghubungi forwarder dan menentukan pengiriman apakah menggunakan via udara / laut.
  • Setelah terjadi kesepakatan harga dan sudah menentukan term pengiriman yang akan diambil, pihak forwarder akan memberikan alamat gudang dan kode marking untuk ditempelkan di kemasan barang.
  • Barang dikirim oleh supplier ke gudang forwarder di China untuk barang Term FOB
  • Barang dijemput oleh forwarder ke gudang supplier di China untuk barang Term EXW
  • Importir wajib memberikan dokumen dokumen pendukung untuk proses kepabeanan kepada forwarder yaitu Invoice & Packing List barang yang akan dikirim.
  • Barang yang sudah sampai di gudang forwarder di China, selanjutnya akan di atur proses stuffing dan pengiriman ke Indonesia.
  • Semua masalah perizinan, proses kepabeanan, pembayaran pajak BM, PPN PPh, dll akan diurus dan diselesaikan oleh pihak forwarder.
  • Selanjutnya pihak importir tinggal menunggu barangnya sampai di Indonesia.
  • Pihak forwarder akan menghubungi pihak importir jika barang sudah sampai di gudang forwarder di Indonesia.
  • Setelah barang tiba di gudang forwarder di Indonesia, pihak importir akan diberikan tagihan ongkos kirim ekspedisi. Ongkos kirim merupakan Harga ALL IN yang sudah termasuk semua biaya pengiriman.
  • Barang akan diantar ke alamat pihak setelah pelunasan

Harga ALL IN meliputi biaya biaya berikut ini :

  • Handling export, custom clearance, air/ocean freight, air liner/shipping line charges, storage,Bea Masuk (BM), PPN dan PPh.
  • Stuffing, trucking delivery, warehousing.
  • Harga tidak termasuk biaya Tax Refund , Export Permit di Negara Asal atau Inspection Fee di Negara asal (Jika Ada).
  • Garansi dan asuransi.

Untuk anda pemula yang baru pertama kali ini melakukan import barang dari China, sebaiknya anda waspada dan hati hati dalam memilih jasa forwarder import yang dapat dipercaya.

Jangan teriming-iming harga murah karena terkadang dibalik biaya yang murah, biasanya masih terdapat biaya tambahan lain-lain atau hidden cost sehingga anda harus keluar biaya melebihi budget.

Tarif import borongan dari China dari pihak jasa forwarder import berbeda-beda tergantung jenis pengiriman yang anda pilih (via udara atau via laut) dan tarifnya bervariatif tergantung jenis barang yang anda import.

Semoga dengan ulasan singkat ini mampu memberikan sedikit petunjuk dan panduan singkat bagaimana Prosedur import barang dari China .

Hal Hal Diluar Tanggung Jawab Pihak Forwarder Import :

  • Packing barang bocor yang mengakibatkan isi barang kurang, rusak, atau barang kaca / cairan menjadi rusak dan pecah, itu bukan tanggung jawab kami (mohon dipacking dengan rapi dan aman menggunakan karton tebal atau peti kayu semua sisi). Karena segala kebocoran, pecah atau retak isi barang diluar tanggung jawab kami.

  • Dari hasil inspeksi Bea & Cukai ternyata barang ditemukan tidak sesuai dengan document atau PIB (Pemberitahuan Import Barang). Misalnya ditemukan barang barang berbahaya seperti NARKOBA, HP, IPAD/LAPTOP, PERHIASAN NILAI TINGGI, BAHAN PELEDAK, DLL yang tidak dizinkan oleh Negara.

  • Barang tanpa packing / barang rusak karena packing tidak aman / wrapping yang kurang rapi atau menggunakan packing karton yang tipis.

  • Terjadi Force Majeure ( perang / bencana alam / faktor alam ) barang terkena air hujan, air laut, banjir, barang berkarat atau rusak karena sifat alami dari barang itu sendiri.

  • Packing / kemasan penyok, hilang , untuk pengaduan lebih dari 1 X 24 jam setelah menerima barang tidak akan dilayani dan harus disaksikan oleh team pengantar kami selama pengecekan.

  • Jika ada yang kurang jelas dari ulasan Prosedur import barang dari China di atas ? Silahkan hubungi nomor kontak dibawah ini.

Call/Whatsapp :
0877-8741-5222 , 0853-1174-0321 , 0852-8383-5766

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat via Whatsapp !